Saturday, December 4, 2010

Sejarah PT (PERSERO) Angkasa Pura 1

Sekitar tahun 1962 awalnya bernama Perusahan Negara (P.N.) Angkasa Pura Kemayoran, yang tugas pokoknya mengurus dan mengusahakan Pelabuhan Udara Kemayoran di Jakarta. Kemudian nama P.N. Angkasa Pura “Kemayoran” pada bulan Januari ditetapkan. Lalu pada tanggal 20 ditetapkan sebagai hari ulang tahun PT. (Persero) Angkasa 1. Setahun kemudian pada bulan mei nama P.N. Angkasa Pura “Kemayoran” diubah menjadi P.N Angkasa Pura. Perubahan ini disebabkan karena untuk mengantisipasikan Angkasa Pura mengola pelabuha udara lain selain Pelabuhan Udara Kemayoran.
Lalu pada Bulan Januari !974 Pelabuhan Udara Halim Perdanakusuma ditetapkan menjadi Pelabuhan Udaara Internasiaonal dan menjadi pelabuhan udara kedua yang dikelola oleh PN Ankasa Pura.
Lalu pada Bulan Oktobernya nama P.N Angkasa Pura kembali diubah menjadi Perusahaan Umum (PERUM) Angkasa Pura. Kemudian pada tahun 1980 Pelabuhan Udara Ngurah Rai- Bali menjadi pelabuhan udara ke-3 yang dikelola oleh manajemen PERUM Angkasa Pura, disusul Bandara Polonia- Medan dan Juanda- Surabaya menyusul menjadi yang ke-4 dan ke-5 yang dikelola Oleh PERUM Angksa Pura.
Lalu Bandara Kemayoran ditutup secara operasional dan dipindahkan ke Bandara Internasional Soe-Ta di Cengkareng.
Lalu pada tahun 1986 PERUM Angkasa Pura di pecah menjadi 2; Ankasa Pura 1, dan Angkasa Pura 2. Lalu Bandara Hasanudin di Makasar dan Bandara Sepinggan di Balikpapan di kelola oleh PERUM Angkasa Pura 1. Lalu pada tahun 1992 bentuk PERUM Angkasa Pura 1 diubah menjadi Perusahaan Perseroan (PERSERO). Samapi saat ini PT. (Persero) Angkasa Pura 1 sudah mengelola 13 Bandara di Indonesia.

No comments:

Post a Comment